Kesehatan

Tiga Faktor Utama yang Dapat Memengaruhi Kenaikan Berat Badan Seseorang

Ditulis oleh apt. Syahrul Hidayat, S. Farm.
18 Apr 2024
Thumbnail Tiga Faktor Utama yang Dapat Memengaruhi Kenaikan Berat Badan Seseorang
Sumber: Ilustrasi obesitas (https://unsplash.com/photos/J6g_szOtMF4)

Tingkat obesitas di seluruh dunia naik hampir tiga kali lipat sejak 1975 (WHO, 2021). Penyebab utama obesitas adalah ketidakseimbangan energi jangka panjang dan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang bisa dibakar tubuh (Lin dan Li, 2021). Oleh karena itu, penelitian tentang praktek diet untuk menurunkan berat badan merupakan kunci untuk mengatasi obesitas (Brazier, 2018).

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan dengan cepat dan makanan dengan kepadatan energi yang lebih tinggi, makanan yang memiliki lebih banyak kalori per gram, berkaitan dengan asupan makanan yang lebih banyak (Robinson et al, 2014). Begitu pula dengan makanan dengan rasa yang sangat enak berkaitan dengan frekuensi makan yang lebih sering (Fazzino et al, 2019).

Sementara itu, asupan protein yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan rasa kenyang dan asupan energi yang lebih rendah. Memahami lebih banyak tentang karakteristik makanan utama dapat membantu merancang diet untuk mengatasi obesitas (Halton dan Hu, 2004).

Baru-baru ini, para peneliti menyelidiki pengaruh karakteristik makanan terhadap asupan kalori dalam empat pola diet berbeda. Mereka menemukan bahwa kepadatan energi makanan, kecepatan makan, dan konsumsi makanan yang sangat enak memengaruhi asupan kalori (Fazzino et al, 2023).

Para peneliti mempelajari data yang dikumpulkan dari 35 orang yang berpartisipasi dalam dua studi pemberian makan pasien rawat inap. Semua peserta berusia antara 18 dan 50 tahun dan memiliki berat badan yang stabil selama 6 bulan sebelumnya (Fazzino et al, 2023).

Selama penelitian, para partisipan mengonsumsi makanan minim olahan, yang sangat bervariasi dalam kandungan karbohidrat dan lemak, atau diet dengan jumlah karbohidrat dan lemak yang bervariasi dalam makanan olahan ultra dan olahan minimal (Fazzino et al, 2023).

Partisipan dihadapkan pada dua diet berbeda dengan menu bergilir 7 hari selama masing-masing dua minggu. Partisipan diminta untuk makan sebanyak yang diinginkan dari setiap kondisi diet (Fazzino et al, 2023).

Secara keseluruhan, para peneliti memiliki data lengkap untuk 2.733 makanan, termasuk kepadatan energi, kandungan protein, kecepatan makan, dan persentase makanan yang sangat enak dikonsumsi yang didefinisikan sebagai makanan tinggi lemak, natrium, dan gula, atau tinggi dalam karbohidrat atau garam (Fazzino et al, 2023).

Pada akhirnya, para peneliti menemukan bahwa kepadatan energi, persentase makanan yang sangat enak dikonsumsi, dan tingkat makan semuanya berhubungan dengan peningkatan asupan energi di semua diet: rendah lemak, rendah karbohidrat, diet berdasarkan makanan yang tidak diproses, dan diet berbasis pada makanan ultra-olahan (Fazzino et al, 2023).

Peneliti menemukan bahwa asupan protein yang lebih tinggi berhubungan dengan peningkatan asupan energi hanya dalam diet yang tidak diproses dan ultra-olahan dengan tingkat karbohidrat dan lemak sedang. Secara lebih lanjut, konsumsi protein makanan sebelumnya dikaitkan dengan asupan energi yang lebih besar pada makanan berikutnya dalam diet rendah lemak dan rendah karbohidrat tetapi mengurangi asupan selama diet ultra-olahan (Fazzino et al, 2023).

Oleh karena itu, penelitian itu menyimpulkan bahwa tiga faktor penting yang sangat berpengaruh pada asupan energi di antaranya (Lennon, 2023):

  1. Kepadatan energi pada makanan, yang merupakan jumlah kalori yang terkandung pada suatu makanan. Semakin padat kandungan kalori pada makanan, semakin sedikit makanan tersebut perlu dikonsumsi
  2. Kecepatan makan dan kandungan protein
  3. Rasa enak pada makanan

Para peneliti menulis bahwa temuan mereka menunjukkan bahwa kepadatan energi, kecepatan makan, dan persentase protein dan makanan yang sangat enak dikonsumsi merupakan prediktor penting dari asupan energi (Lennon, 2023).

Artikel direview oleh apt. Neily Zakiyah, M.Sc., Ph.D.

Referensi

  • Brazier Y. 2018. How many calories should I eat a day? Available at [https://www.medicalnewstoday.com/articles/245588](https://www.medicalnewstoday.com/articles/245588). [Diakses pada 12 Februari 2023].
  • Fazzino TL, Courville AB, Guo J, Hall KD. 2023. Ad libitum meal energy intake is positively influenced by energy density, eating rate and hyper-palatable food across four dietary patterns. Nature Food. Vol. 2023: 1-10.
  • Fazzino TL, Rohde K, Sullivan DK. 2019. Hyper-palatable foods: development of a quantitative definition and application to the US Food System Database. Obesity (Silver Spring). Vol. 27(11): 1761-1768.
  • Halton TL, Hu FB. 2004. The effects of high protein diets on thermogenesis, satiety and weight loss: a critical review. J Am Coll Nutr. Vol. 23(5): 373-385.
  • Lennon A. 2023. What 3 factors are most likely to contribute to weight gain? Available at [https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-3-factors-are-most-likely-to-contribute-to-weight-gain](https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-3-factors-are-most-likely-to-contribute-to-weight-gain). [Diakses pada 12 Februari 2023].
  • Lin X, Li H. 2021. Obesity: epidemiology, pathophysiology, and therapeutics. Front Endocrinol (Lausanne). Vol. 12: 706978.
  • Robinson E, Almiron-Roig E, Rutters F, de Graaf C, Forde CG, Tudur Smith C, Nolan SJ, Jebb SA. 2014. A systematic review and meta-analysis examining the effect of eating rate on energy intake and hunger. Am J Clin Nutr. Vol. 100(1): 123-151.
  • WHO. 2021. Obesity and overweight. Available at [https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight](https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight). [Diakses pada 12 Februari 2023].