Kesehatan

Webinar: Pelatihan Pelayanan Kefarmasian untuk Pasien Tuberkulosis di Apotek

Ditulis oleh Adham Rizki Ananda, S. Farm.
29 Mar 2024
Thumbnail Webinar: Pelatihan Pelayanan Kefarmasian untuk Pasien Tuberkulosis di Apotek
Sumber: Poster webinar pelatihan pelayanan kefarmasian untuk pasien tuberkulosis

Semua praktisi kesehatan pasti mengetahui betapa mematikannya penyakit Tuberkulosis (TBC). Secara global, per-tahun 2021 TBC menempati peringkat ke-2 sebagai penyakit infeksi penyebab kematian tertinggi di dunia. Bahkan, berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh WHO, Indonesia menempati peringkat tiga besar sebagai negara dengan kontribusi tertinggi angka kejadian TBC sedunia selama periode 2020-2021. Menurut Kemenkes RI, per-tahun 2018 jumlah kasus TBC mencapai 319 kasus insidens per 100 ribu penduduk, dan angka kematian sebesar 35 orang per 100 ribu penduduk. Peran apoteker tentunya sangat diperlukan dalam rangka mendukung pemerintah dalam pemberantasan penyakit TBC dan meningkatkan kualitas hidup pasien TBC.

Melalui webinar ini, Tanya Obat bekerjasama dengan Pusat Unggulan Invoasi Pelayanan Kefarmasian Universitas Padjadjaran (PU IPK) akan mendatangkan pakar farmasi klinis dan praktisi Apoteker klinis untuk membedah lebih dalam tentang TBC dan peran Apoteker dalam pengendalian kasusnya. Mulai dari deteksi kasus TBC, pembangun kesadaran masyarakat mengenai TBC, pengawasan penggunaan obat TBC, hingga konseling pasien TBC akan dibahas dalam webinar kali ini.

Dengan mengikuti webinar ini, kamu juga dapat mendapatkan 2 SKP Pembelajaran dari IAI, cukup dengan menjadi mitra Apoteker bersama kami di Tanya Obat. Maka, tunggu apa lagi para praktisi Apoteker? Webinar ini bisa kamu ikuti secara gratis melalui link yang tertera di artikel ini. Jangan lupa, ajak juga rekan sejawat kamu lainnya!


Join Webinar


Referensi:

Kemenkes RI. 2020. Strategi Nasional Penanggulangan Tuberkulosis di Indonesia 2020-2024. Available at: https://tbindonesia.or.id/wp-content/uploads/2021/06/NSP-TB-2020-2024-Ind_Final_-BAHASA.pdf [Accessed 9 December 2022].

WHO. 2022a. Global Tuberculosis Report 2022. Available at: https://www.who.int/teams/global-tuberculosis-programme/tb-reports/global-tuberculosis-report-2022 [Accessed 9 December 2022].

WHO. 2022b. Tuberculosis. Available at: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/tuberculosis [Accessed 9 December 2022].